Paguyuban Pasundan Tak Masalah Rektor Unpad Bukan dari Suku Sunda

  Sabtu, 29 September 2018   Fathia Uqimul Haq
Ketua Paguyuban Pasundan Didi Turmudzi. (Fathia Uqimul Haq/ayobandung.com)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Ketua Paguyuban Pasundan, Didi Turmudzi miris terhadap hingar bingar pemilih rektor  Universitas Padjadjaran (Unpad) yang tidak menginginkan calon bukan dari suku Sunda. Baginya bukan masalah sebab karekteristik masyarakat Jawa Barat sangat terbuka.

"Kalau pemilihan rektor itu terkait pada kekurangan, kelemahan, kesalahan seorang calon itu diangkat, prihatin saya. Yang terpenting siapapun calonnya harus mempunyai kecintaan kepada budaya Sunda, bertanggung jawab, dan melestarikan budaya Jawa Barat, "katanya, Jumat (28/9/2018).

AYO BACA : Sesepuh Alumni Unpad Kecam MWA Loloskan Calon Rektor Bermasalah

Didi tidak ingin terjadi keributan karena siapapun hasilnya harus memberi manfaat bagi negara, bangsa, dan khususnya masyrakat Jawa Barat. Kedepannya proses pemilihan rektor harus memegang teguh nilai agama dan budaya.

Tokoh masyarakat Jawa Barat, Tb. Hassanudin menyesalkan terkait mencuatnya persukuan dalam proses pemilihan Rektor Unpad yang dibicarakan di kalangan akademisi dan intelektual.

AYO BACA : Unpad Tak Mempermasalahkan Calon Rektor dari MWA

Menurutnya, permasalahan pribadi yang telah selesai bertahun-tahun tidak peru diungkap kembali. 

"Tidak perlu pemikiran-pemikiran itu dibawa apalagi kalau ada seorang akademisi intelektual berpikiran maju. Proses itu harus berjalan sebagaimana mestinya," ujarnya. 

Proses demokrasi, lanjut Hasanuddin, biarkan melalui perdebatan ilmiah. Karena tidak ada manusia yang sempurna dari kecacatan masa lalu. Unpad sebagai ranah yang sensitif harus menjunjung moralisme dan tidak mengutamakan kesukuan. 

"Jabatan politik seperti Rektor harus tes DNA, orang Jawa orang Sunda harus berapa persen, ribet ya," kata dia. 

Diketahui, Majelis Wali Amanat (MWA) telah menetapkan tiga calon rektor Unpad dari 8 calon. Obsatar Sinaga mendapatkan suara terbanyak dari ketiga calon. Adapun calon rektor Unpad Bandung 2018 lainnya adalah Aldrin Herwany dan Atip Latipulhayat. Pemilihan calon rektor Unpad akan berlangsung pada 27 Oktober 2018 yang ditentukan oleh Majelis Wali Amanat (MWA).

AYO BACA : Kelompok Kesundaan Siap Surati Presiden Terkait Kasus Calon Rektor Unpad

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar