Ini Amanat Mendagri untuk Penjabat Gubernur Jabar

  Senin, 18 Juni 2018   Dadi Haryadi
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. (Dadi Haryadi/ayobandung)

JALAN ASIAAFRIKA, AYOBANDUNG.COM--Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengatakan M. Iriawan sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat punya tanggung jawab besar terutama untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Kepala Daerah. Pasalnya, pesta demokrasi di Jabar merupakan yang paling besar karena punya jumlah pemilih paling banyak di Indonesia.

"Sukseskan Pilgub dan Pilkada. Segera koordinasi dengan pihak penyelenggara, KPU dan Bawaslu. Saya yakin keduanya sudah profesional," ujar Tjahjo di Gedung Merdeka, Senin (18/6/2018).

Tjahjo menilai, persiapan ajang pemilihan di Jabar sejauh ini terbilang kondusif, salah satunya berkat kerja keras jajaran kepolisian serta Ahmad Heryawan sebagai Gubernur Jabar 2013-2018. Selain itu, pihaknya berharap dukungan dari seluruh pihak mulai dari bupati dan wali kota bahkan hingga tingkat di wilayah desa.

Menurut Tjahjo, Iriawan juga harus dapat menjaga netralitas Aparatur Sipil Negera (ASN) agar menjauhi kegiatan beraroma kampanye seluruh pasangan calon. "Urusan Pilkada ini merupakan urusan bersama sehingga kita harus bersama-sama mensukseskannya," katanya.

Sementara itu, tugas lain Penjabat Gubernur Jabar adalah melakukan efektifitas penyelenggaraan pemerintahan dengan meningkatkan komunikasi bersama DPRD terutama untuk membahas kebijakan politik.

Sebagai kepanjangan tangan pemerintah pusat, Penjabat Gubernur harus mampu menunjukkan kehadiran negara di tengah masyarakat melalui penyediaan pelayanan publik yang optimal hingga hari pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih nanti.

"Laksanakan tugas dengan pedoman Nawa Cita. Lanjutkan program-program yang sudah sukses," pungkas Tjahjo.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar