Langgar Zona Putih, Panwaslu Tertibkan Alat Peraga Kampanye

  Kamis, 15 Maret 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Penertiban APK di sejumlah titik di Kota Bandung. (Eneng Reni N Jamil/ayobandung)

VETERAN, AYOBANDUNG.COM -- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Bandung menertibkan alat Peraga Kampanye (APK), pada Kamis (15/3/2018). Penertiban ini dibantu 80 personel dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Penataan Ruang, dan KPU Kota Bandung.

Penertiban baligo dan APK dilakukan di sejumlah titik di ruas jalan Kota Bandung dan telah berhasil menurunkan setidaknya 60 alat peraga kampanye yang melanggar aturan.

Ketua Ketua Panwaslu Kota Bandung Farhatun Fauziyyah mengatakan, penurunan alat peraga kampanye ini karena melanggar zona putih dan melanggar aturan dari penggunaan alat peraga kampanye yang tidak sesuai dengan ketentuan Komisi Pemilihan Umum atau KPU.

"Kami hari ini, tidak tebang pilih. Semua APK yang memang melanggar, siapa pun paslonnya kami turunkan," kata Farhatun saat ditemui awak media di sela kegiatan penurunan APK, Kamis (15/3/2018).

Sesuai dengan koordinasi Panwaslu Kota Bandung terdapat 12 titik penurunan baliho besar hingga APK yang berada di berbagai ruas jalan Kota Bandung. Mulai dari jalur Braga, Veteran, sampai titik terakhir di Gedebage dan daerah Cicaheum.

"Tapi melihat kondisi jalan hari ini, kami menyesuaikan dengan kondisi di lapangan saja. Karena ini launching pertama, kami akan rutin melaksanakan sidak ini rutin setiap minggu," ungkap Farhatun. 

Namun, bukan hanya di zona terlarang, APK akan diturunkan di zona bebasnya jika tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan KPU.

"Apalagi berada di zona terlarang dengan bentuk APK yang tidak sesuai dengan aturan. Di zona bebas tapi tidak sesuai pun, pasti kami langsung turunkan," tegasnya.

APK yang diturunkan, lanjut dia bakal diberikan kepada tim sukses setiap paslon dengan terlebih dulu dibuatkan berita acara penertiban yang ditandatangani oleh seluruh pihak yang ikut hadir dalam kegiatan penertiban tersebut.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar