Egy Maulana Buat Warganet Indonesia 'Serang' Polandia

  Selasa, 13 Maret 2018   Arfian Jamul Jawaami
Egy Maulana Vikri saat diperkenalkan klub barunya Lechia Gdansk pada Jumat (9/3/2018). (lechia_gdansk)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM -- Sepak bola Polandia tengah mengalami banjir teror. Bukan teror dalam arti sesungguhnya. Namun fenomena tersebut nampak dialami oleh klub terbesar Polandia yakni Legia Warszawa.

Pelakunya adalah warganet Indonesia dan penyebabnya tidak lain dan tidak bukan karena merapatnya Egy Maulana Vikri ke salah satu klub Polandia, Lechia Gdansk pada Jumat (9/3/2018).

Dua hari setelah perkenalan Egy kepada publik Gdansk, klub tersebut bersiap menjamu Legia Warszawa di Stadion Energa. Apa yang terjadi? Ribuan warganet Indonesia menyerang kolom komentar di akun Instagram sang lawan @legiawarszawa. 

Banyak warganet yang memohon agar Legia Warszawa mengalah dalam pertandingan tersebut. Tidak sedikit komentar yang bersifat intimidasi. Hal tersebut membuat rata-rata komentar di @legiawarszawa meningkat signifikan. Dari sebelumnya hanya belasan menjadi ribuan komentar. Fenomena serupa akan terus berlanjut pada calon lawan Lechia Gdansk selanjutnya.

Tidak berhenti sampai disitu. Ulah warganet Indonesia berhasil membuat Lechia Gdansk jadi klub sepak bola Polandia dengan jumlah followers terbanyak. Sebelumnya predikat tersebut dipegang oleh Legia Warszawa dengan 137.000 followers.

Menurut pantauan ayobandung pada Kamis (8/3/2018), akun Instagram @lechia_gdansk hanya memiliki 23.000 followers. Namun setelah Egy diperkenalkan pihak klub satu hari berselang, jumlah followers meningkat hampir 600% menjadi 144.000.

Bisa ditebak, mayoritas followers berasal dari warganet Indonesia. Bahkan kolom komentar yang sebelumnya berkisar di angka belasan mendadak bertambah. Komentar terbanyak menghiasi unggahan berupa foto Egy yang berjumlah lebih dari 37.000.

Lechia Gdansk mendadak begitu viral di Tanah Air. Bahkan hadir beberapa akun palsu klub hasil karya anak bangsa seperti @lechiagdanskid, @lechia.gdansk.id, @lechia_gdanskid dan lainnya.

Hal tersebut membuat pihak Lechia Gdansk mengeluarkan pernyataan resmi dalam Insta Story bertuliskan "Akun ini adalah satu-satunya profil resmi klub. Kami tidak membuat akun resmi lain yang didedikasikan untuk orang Indonesia".

Warganet Indonesia memang mengerikan. Menurut catatan Kementerian Komunikasi dan Informatika, pengguna internet di Indonesia mencapai angka 132,7 juta dari total populasi penduduk sebesar 256,2 juta. 

Angka tersebut menempatkan Indonesia sebagai negara ketiga di Asia dengan pengguna internet terbanyak. Pengguna didominasi oleh penduduk yang berasal dari Pulau Jawa dengan 86.339.350. Mayoritas pengguna diisi oleh anak muda berusia di bawah 30 tahun.

 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar