Banjir dan Longsor Terjang Kabupaten Tasikmalaya

  Minggu, 11 Maret 2018   Andri Ridwan Fauzi
Ilustrasi. (Antara)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Hujan deras yang melanda Tasikmalaya, mengakibatkan ratusan rumah terendam banjir dan longsor di Kecamatan Ciawi dan Sukaresik, Kabuaten Tasikmalaya, Minggu (11/3/2018). 

Bhabinkamtimas Desa Bugel, Kecamatan Ciawi, Bripka Awan Noviana mengatakan, banjir melanda pemukiman penduduk di beberapa desa di Kecamatan Ciawi, bahkan ada tebing yang ambrol dan juga longsor. 

"Longsor memutus akses jalan karena tertutup material longsoran, bahkan, sejumlah pohon yang tumbang memutus kabel jaringan listrik," kata Awan, dikutip dari Antara.

Menurut salah seorang warga korban banjir di Kecamatan Ciawi, Ayi Kuraesin, ketinggian air di Desa Pakemitan Kidul mencapai sekitar 50 centimeter dan menggenani rumah-rumah warga.

Banjir tersebut mengalir cukup deras akibatnya beberapa warga harus menjebol dinding tembok rumah agar air dapat mengalir ke areal pesawahan untuk menghindari genangan air lebih tinggi.

Sementara di Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik, terdapat ratusan rumah warga yang tergenang.

Koordinator Relawan Bencana Desa Tanjungsari, Obur Suryana menjelaskan, banjir yang terjadi saat ini lebih parah dan berlangsung lama dibandingkan banjir sepekan lalu yang hanya terjadi beberapa jam.

Hingga saat ini, sebagian titik di Sukaresik belum surut. 

"Tinggi genangan air mulai 30 centimeter hingga 1,5 meter," ungkapnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar