Ini 10 Minuman Elektrolit ala Rumahan

  Minggu, 11 Maret 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Kepala muda. (pixabay)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM -- Elektrolit memainkan peran penting dalam fungsi kesehatan yang tepat. Secara alami, elektrolit hadir di tubuh dalam bentuk kalsium, natrium, dan kalium. Tapi, terkadang karena berkeringat, latihan yang gencar dan terlalu banyak aktivitas, elektrolit ini berkurang.

Elektrolit hilang saat kamu melakukan aktivitas fisik. Dengan tidak adanya elektrolit, beberapa perubahan dalam tubuh dapat diketahui seperti detak jantung cepat, ujung jari dan kulit putih. Elektrolit mengatur otot, fungsi saraf, menjaga pH darah dan menjaga tekanan darah tetap terkontrol. 

Diet bergizi bisa memberi elektrolit ke tubuh. Tapi, kamu juga bisa membuat minuman elektrolit buatan sendiri di rumah. Penasaran? Yuk simak di sini..

Buah sitrus

Buah jeruk kaya akan vitamin C. Lemon adalah sumber elektrolit yang sangat baik. Buah-buahan seperti jeruk, jeruk nipis, dan jeruk bali juga bekerja dengan baik. Jenis jeruk ini mengandung mineral penting seperti potassium dan kalsium sehingga kamu bisa memilikinya dalam bentuk jus dan juga mentah.

Air garam

Garam membantu menjaga tubuhmu bermuatan listrik dan mengandung mineral seperti sodium, kalium, magnesium dan kalsium. Garam adalah bahan aktif yang akan mengisi elektrolit yang hilang dalam tubuh. Sodium adalah elektrolit yang hilang  saat kamu berkeringat.

Air kelapa

Air kelapa bekerja sebagai minuman pengganti elektrolit. Air kelapa menyegarkan dan mengandung kandungan potassium tingkat tinggi. Ini juga mengandung elektrolit penting lainnya dan merupakan cara alami untuk mengisi kembali mineral yang hilang.

Minuman Cranberry

Cranberries juga membantu meremajakan tingkat elektrolit yang habis. Rasa manis dan asamnya membuat minuman elektrolit ini begitu  luar biasa. Hal ini juga membantu dalam membersihkan ginjal dan kandung kemih, sambil mendetoksifikasi sistem limfatik.

Minuman jahe

Setelah berolahraga lama, kamu cenderung merasa lelah dan ingin mendapatkan kembali energi. Jahe adalah minuman yang akan menggantikan elektrolit yang hilang dalam tubuh. Hal ini juga membantu dalam mengurangi nyeri otot karena sifat anti-inflamasi dan antibakteri.

Jus semangka

Semangka mengandung elektrolit penting yang dibutuhkan untuk fungsi saraf dan kesehatan jantung yang tepat, untuk menggantikan elektrolit yang habis karena keringat. Konsumsi jus buah ini akan memperkaya tubuh dengan vitamin dan elektrolit.

Garam dan Air Gula

Garam, gula dan air bila dicampur bersama akan memberikan elektrolit ke tubuh. Campuran ini berguna, karena akan menghidrasi tubuh dan menggantikan cairan yang hilang selama keringat atau diare. Kamu bisa membuat campuran air garam-gula setelah Anda lelah.

Smoothie Strawberry

Stroberi kaya akan vitamin C, kalsium, potasium, magnesium, vitamin A dan folat. Buah ini meningkatkan kesehatan jantung, melawan stroke, kanker dan depresi. Smoothie Strawberry akan menghasilkan minuman elektrolit yang sempurna.

Minuman Biji Chia

Benih Chia kaya akan kalsium, fosfor dan potassium. Benih ini juga tinggi asam lemak omega-3 dan serat makanan. Minum air biji chia akan mengisi elektrolit yang hilang dalam tubuh dan mencegah penuaan dini pada kulit.

Minuman Mentimun

Mentimun kaya potasium, mangan dan magnesium. Ini adalah minuman elektrolit yang sempurna yang meningkatkan daya ingat dan melindungi sel saraf. Ini juga melawan peradangan, mengurangi risiko kanker, mengelola stres dan mendukung kesehatan pencernaanmu.

Sumber: Boldsky

 

 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar