DPRD Minta KPU Optimalkan Sosialisasi

  Selasa, 06 Maret 2018   Mildan Abdalloh
Ilustrasi. (Satrio)

JALAN DIPONEGORO, AYOBANDUNG.COM -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat, meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) meningkatkan sosialisasi penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 kepada masyrakat.

Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari mengatakan, berdasarkan hasil reses anggota legislatif terdapat beberapa catatan dari komisi-komisi berkaitan dengan masalah di lapangan tentang Pilkada Serentak 2018.

"Catatan dari teman-teman di komisi I, masih perlu terus melakukan sosialisasi Pilkada Serentak 2018," tutur Ineu ketika diwawancara selepas Rapat Paripurna tentang hasil reses di Kantor DPRD Jawa Barat, Selasa (6/3/2018).

Menurutnya, dengan sosialisasi yang masiv maka diharapkan angka partisipasi masyarakat dalam Pilkada Serentak 2018 bisa meningkat dibanding helatan Pilkada sebelumnya.

"Kami berharap agar partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya bisa diatas 75% atau bahkan lebih dari 80%," ujarnya.

Karena itu, dia berharap agar KPU sebagai penyelenggara Pemilu semakin gencar melakukan sosialisasi terutama dalam satu bulan ini.

"Pilkada serentak 2018 harus menjadi ajang bagi KPU untuk mendorong masyarakat menggunakan hak pilihnya, karena akan menghadapi momen politik besar di 2019," imbuhnya.

Selain itu, KPU juga harus memastikan semua pemilih bisa menggunakan hak pilihnya dengan cara melakukan pemuktahiran daftar pemilih.

"DPT (daftar pemilih tetap) kan belum disahkan, jadi saat pemuktahiran ini harus benar-benar memastikan. Memilih 'kan hak semua warga, jangan sampai warga yang sudah bisa memililh tapi tidak masuk ke dalam DPT dan tidak bisa menggunakan hak pilihnya," tutup Ineu.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar