Sungai Citarum Bakal Dipasang CCTV

  Sabtu, 03 Maret 2018   Hengky Sulaksono
Kilometer 0 Sungai Citarum. (Ramdhani/ayobandung)

DAYEUHKOLOT, AYOBANDUNG.COM -- Perilaku warga yang membuang sampah sembarangan di sepanjang daerah aliran Sungai Citarum, bakal diawasi. Satuan Tugas Citarum Harum berencana bakal memasang kamera pengintai alias CCTV di sepanjang daerah aliran sungai dan anak sungai. 

Komandan Sektor 21 Satgas Citarum Harum, Kolonel Yusep Sudrajat mengatakan, pemasangan CCTV bakal dilakukan dalam waktu dekat. Saat ini, satgas tengah menghimpun data kebutuhan kamera pengintai di sepanjang aliran sungai.

"Kami data dulu dan petakan di mana saja titik-titik pemasangan. Sudah dilaporkan. Ini untuk mengawasi masyarakat yang suka buang sampah sembarangan ke Sungai Citarum. Supaya kelihatan dan terekam kamera," kata Yusep, Sabtu (3/3/2018).

Yusep memperkirakan, kebutuhan alat perekam tersebut bisa mencapai ribuan. Di Sektor 21 yang meliputi 12 anak sungai, kebutuhan CCTV yang diproyeksikan mencapai 99 unit. Kebutuhan 99 kamera tersebut menurut Yusep masih dalam tahap hitung-hitungan kasar dan masih mungkin bertambah.

"Nanti akan dipasang dari sungai Citarik hingga sungai Cimahi. Kita pasang di itarik, Cikeruh, Cipamokolan, Cidurian, Citepus, Cikapundung, Cisangkuy, Ciranjeng, Cirasea, Cibeureum, Cimahi, sampai Muara Ciwidey," katanya.

Dia mengharapkan, keberadaan CCTV ini bisa memberi dampak signifikan kepada kebiasaan warga. Menurutnya, warga yang merasa terawasi akan lebih berhati-hati jika berniat melakukan perbuatan melanggar aturan. Termasuk aturan untuk tidak membauang sampah sembarangan ke aliran sungai.

"Mudah-mudahan bisa memberikan rasa takut kepada masyarakat yang suka buang sampah ke Citarum. Karena dengan adanya diawasi, pasti akan takut. Nanti dalam pelaksanaannya kita akan awasi semua CCTV 24 jam non-stop," tandasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar