Komunitas Eduvolunteer Semangat Berperan di Bidang Pendidikan

  Senin, 26 Februari 2018   Fathia Uqimul Haq
Komunitas Eduvolunteer. (Fathia Uqim/ayobandung)

ANTAPANI, AYOBANDUNG.COM -- Komunitas Eduvolunteer adalah sekumpulan relawan yang peduli untuk mendidik anak-anak di sekitaran Antapani dan Cipanjalu supaya bisa bermain sambil belajar. Diinisiasi oleh kakak beradik, Deden Kurnia dan Nurul Nurjanah, akhirnya Eduvolunteer memiliki puluhan relawan dari berbagai usia. Mereka ada yang berprofesi guru, mahasiswa, hinggu pengusaha.

“Awalnya karena warga resah sama anak-anak yang berkeliaran (tidak sekolah)  Saat jam sekolah. Akhirnya RT di sini meminta kami untuk membuat kegiatan. Terbentuklah Taman Belajar Senyum sebagai aktivitas inti komunitas ini,” ujar Nurul Nurjanah kepada ayobandung, Senin (26/2/2018).

Saat itu Nurul yang masih duduk di bangku SMA, sudah aktif membantu anak-anak di daerahnya, Jalan Bunisari Kelurahan Antapani Wetan, Antapani Bandung untuk belajar. Meski banyak kendala yang dihadapi, Nurul dan Deden, kakaknya masih bertahan hingga saat ini.

“Anak-anak 'kan dari berbagai latar belakang dan terlahir dari karakter yang berbeda. Jadi ada penanganan yang berbeda pula,” katanya.

Nurul bercerita, ada anak yang kalau sedang belajar malah naik dan memanjat tiang. Akhirnya Nurul pun memiliki strategi supaya anak tersebut turun dan diberi tugas yang membuat seluruh badannya aktif. Artinya, anak tersebut adalah anak yang suka gerak atau memiliki kinestetik yang tinggi.

Tidak sia-sia, setelah komunitas ini mengayomi puluhan anak, beberapa orang tua dari mereka merasa terbantu dan melihat perubahan yang terjadi dalam diri anaknya. 

“Kami juga sering mendapatkan laporan dari orang tua. Anaknya yang dulu dikit-dikit marah, emosian, sekarang jadi meredam, bisa terkendali,” ungkapnya.

Aktivitas yang digerakkan oleh komunitas berslogan “Bersama Kita Berbagi”  ini tidak melulu soal belajar. Karena diisi oleh relawan yang punya kemampuan di bidang masing-masing, anak-anak pun suka diajak berkemah hingga jalan-jalan ke bukit. Setiap bulannya anak-anak selalu menunggu kegiatan keluar alias outing.

“Bagi yang mau bergabung bisa cek di Instagram kami @Eduvolunteer. Nanti langsung datang ke kegiatan kami Taman Belajar Senyum bisa ke Bunisari di Antapani atau Cipanjalu Kabupaten Bandung. Di Bunisari kegiatannya tiap hari Minggu jam 13.00 WIB hingga 15.00 WIB. Kalau di Cipanjalu tiap hari Minggu juga jam 09.00 WIB sampai jam 12.00 WIB,” ujarnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar