Mengenaskan, 100.000 Orangutan Terbunuh Selama 16 Tahun Terakhir

  Sabtu, 24 Februari 2018   Asri Wuni Wulandari
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

BUAHBATU, AYOBANDUNG.COM – Kondisi kelestarian orangutan di Indonesia semakin mengkhawatirkan. Sebuah penelitian teranyar menyebutkan jika lebih dari 100.000 orangutan di Kalimantan telah terbunuh selama 16 tahun terakhir.

Sejumlah ilmuwan melakukan survei selama 16 tahun di Kalimantan.

Deforestasi, yang didorong oleh penebangan kayu, kelapa sawit, pertambangan, dan pabrik kertas, terus menjadi penyebab utamanya.

Namun, penelitian yang dipublikasikan di Current Biology Journal ini juga mengungkapkan bahwa banyak orangutan yang mendadak “lenyap” dari hutannya. Apa yang mereka temukan ini menyiratkan banyaknya orangutan yang sengaja “dilenyapkan”.

Peneliti Maria Voight dari Institut Antropologi Evolusioner Max Planck di Jerman mengatakan jika orangutan menjadi sasaran utama para pemburu.

“Kami tidak memperkirakan kerugiannya begitu besar. Jadi studi ini mengkonfirmasi bahwa perburuan adalah masalah besar,” ujarnya melansir BBC News.

“Ketika orangutan bertengkar dengan orang-orang di tepi perkebunan, mereka selalu kalah. Orang akan membunuh mereka.”

Sebagaimana diketahui, baru-baru ini ditemukan seekor orangutan tewas dengan 130 peluru di dalam tubuhnya. “Ini mengejutkan dan itu tidak perlu. Orangutan bisa makan buah milik petani, tapi tidak berbahaya,” katanya.

Selain menemukan adanya perburuan yang masif, peneliti juga menunjukkan bahwa sumber daya alam yang masih dieksploitasi juga jadi salah satu faktor semakin mengenaskannya kondisi orangutan.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar