Pilgub Jabar Tanpa Politik Uang dan Politisasi SARA

  Rabu, 14 Februari 2018   Hengky Sulaksono
Sejumlah perwakilan pasangan calon Pilgub Jabar saat deklarasi menolak praktik politik uang dan politisasi SARA di Trans Luxury Hotel, Bandung, Rabu (14/2). (ayobandung/Hengky Sulaksono)

BUAHBATU, AYOBANDUNG.COM -- Badan Pengawas Pemilu Jawa Barat menggelar deklarasi menolak praktik politik uang dan politisasi isu suku, agama, dan ras dalam gelaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar dan pilkada serentak di berbagai daerah.

Deklarasi tersebut dihadiri perwakilan organisasi perangkat daerah, DPRD, unsur kepolisian, TNI, serta perwakilan pasangan calon. Seluruh calon hadir dalam deklarasi tersebut,  kecuali pasangan TB Hasanudin-Anton Charliyan. Pasangan Rindu diwakili Uu Ruzhanul Ulum, Duo DM diwakili Deddy Mizwar, sedangkan Asyik kompak dihadiri Sudrajat-Ahmad Syaikhu.

Seluruh perwakilan lembaga dan paslon membacakan Deklarasi Tolak dan Lawan Politik Uang dan Politisasi untuk Pilkada 2018 Berintegritas di atas panggung. Pembacaan deklarasi sekaligus menandai komitmen pelbagai pihak dalam mempraktikkan pilkada bersih dalam masa kampanye. 

"Kami sudah bacakan deklarasi tersebut untuk mencegah Pilkada Jabar ini tidak terjadi politik uang dan politisasi SARA agar berjalan damai dan aman," kata Ketua Bawaslu Jabar, Herminus Koto di Trans Luxury Hotel, Bandung, Rabu (14/2/2018).

Dia mengatakan, Bawaslu bakal bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menjaga iklim pilkada yang sehat. Dia juga menjamin kekuatan pengawasan tak bakal mengendur sejak awal penyelenggaraan masa kampanye hingga berakhir pada masa tenang. 

"Kekuatan pengawasan sama dari awal sampai akhir kita terus lakukan. Termasuk masyarakat siap membantu mengawasi situasi kondisi yang ada di lapangan. Jika ada indikasi pelanggaran, laporkan. Jangan takut," kata dia. 

Prosesi deklarasi diakhiri dengan proses penempelan cat telapak tangan di sebuah papan dinding yang disediakan Bawaslu. Cat telapak tangan yang berwarna-warni tersebut merepresentasikan semangat keberagaman dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak di Jabar.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar