Tips Bertahan di Bisnis Handicraft

  Rabu, 14 Februari 2018   Fathia Uqim
Salah satu produk handicraft. (Fathia Uqim/ayobandung)

BOJONGLOA KIDUL, AYOBANDUNG.COM -- Untuk mengembangkan usaha, tentunya diperlukan strategi dan kerja keras dari orang yang menjalankannya. Hal tersebut berlaku untuk semua usaha, termasuk di bisnis handicraft. 

Ayobandung mencoba untuk merangkum tips untuk bisa bertahan dan mengembangkan usaha di insis handicraft sebagai berikut:

Inovasi produk

Awalnya hanya buket bunga,  sekarang berinovasi ke pembuatan backdrop, paper flowers box frame hingga hand lettering. Inovasi ini penting supaya pembeli tidak bosan dan banyak variasi. Tuntuan seorang crafter atau pengrajin adalah inovasi dan mengikuti kemauan pasar. 

Kolaborasi

Berkolaborasi dengan pengrajin yang lain itu penting karena bisa saling menguntungkan, membangun bersama, pasar lebih luas karena pasar si A jadi kenal pasar si B, begitupula sebaliknya. Membangun bersama dengan pengrajin lain karena mereka punya masalah masing-masing. 

Konsisten
Walaupun pemesanan sedikit, tetapi pembuatan harus berjalan.  Jangan pernah berhenti ketika sedang jatuh, karena itu adalah soal waktu dan kesabaran. Selalu berkelanjutan meski banyak rintangan menghadang. 

Buat para pengrajin, atau kamu yang ingin memulai bisnis di bidang handicraft, hayu tumbuh bersama!

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar