Bunga Bangkai di Tahura Dago Mekar Pekan Ini

  Rabu, 14 Februari 2018   Hengky Sulaksono
Seorang warga mengamati bunga bangkai Amorphopallus titanum di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Dago Pakar, Bandung, Selasa (13/2). (ayobandung/Irfan Alfaritsi)

DAGO, AYOBANDUNG.COM -- Sekuntum bunga bangkai jenis Amorphopallus titanum yang merupakan koleksi Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Dago Pakar, Kabupaten Bandung diperkirakan bakal mekar sempurna pekan ini. Saat ini kelopak bunga bangkai tersebut mulai merekah.

Kepala Balai Tahura, Lianda Lubis memprediksi bunga bakal mekar sempurna dalam rentang satu hingga dua hari ke depan. Bunga tersebut sebelumnya diprediksi bakal gagal mekar sempurna. Namun berdasarkan analisis dan pemantauan lanjutan, fase mekar sempurna bunga belum tiba.

"Kemarin sudah mau mekar tapi kuncup lagi. Ini baru pertama kali terjadi. Mungkin karena perubahan micro climate atau iklim. Saya juga heran. Tapi sekarang kuncup sudah menuju ke mekar lagi," kata Lianda saat dikonfirmasi, Rabu (14/2/2018) siang.

Kondisi bunga, kata Lianda, masih belum layu dan mengeluarkan bau menyengat. Dia mengatakan jika periode mekar sempurna Amorphopallus titanum cuma berlangsung sekitar dua hari.

Penuturan Lianda, mekarnya bunga bangkai ini merupakan yang kedua kali terjadi. Pertama kali terjadi, bunga bangkai tersebut mekar pada 2015 lalu. Panjang bunga bangkai saat fase mekar kali ini mencapai 1,5 meter, sedangkan saat pertama kali mekar, panjang bunga mencapai 3 meter.

"Siklus mekar Amorphopallus titanum itu biasanya tiga tahun sekali," kata Lianda. Periode kembang kempis, menurut Lianda, dipengaruhi kondisi cuaca dan iklim di lokasi bunga bersemayam.

Disebutkan, bunga bangkai ini merupakan hasil tanam yang bibitnya didatangkan dari Bengkulu 2010 lalu. Terdapat empat umbi Amorphopallus titanum yang menjadi koleksi Tahura. Dari keempat bunga yang ada, baru satu yang tengah mengalami fase menuju mekar sempurna.

"Yang lain belum mau mekar. Masih dalam kondisi biasa saja," kata Lianda. Selain Amorphopallus titanum, Tahura tidak memiliki jenis bunga bangkai lain yang menjadi koleksi mereka.

Letak bunga bangkai yang hendak mekar tersebut berada di areal Taman Kelinci. Lokasi bunga bangkai dibatasi pagar besi setinggi sekitar satu meter agar bunga terhindar dari gangguan pengunjung.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar