Pilkada Bandung Barat, 850 Polisi Dikerahkan

  Senin, 12 Februari 2018   Hengky Sulaksono
Jajaran kepolisian yang mengamankan Pilbup KBB. (Dok. Polres Cimahi)

PADALARANG, AYOBANDUNG.COM -- Sedikitnya 850 aparat kepolisian bakal dikerahkan guna mengamankan proses gelaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat 2018. Ratusan personel tersebut dikerahkan sejak penetapan kandidat resmi hingga hasil pemungutan suara oleh Komisi Pilihan Umum Daerah ditetapkan.

"Anggota Polres Cimahi bersama TNI siap menjaga kondusivitas mengamankan Pilkada di Bandung Barat," kata Kepala Kepolisian Resor Cimahi, Ajun Komisaris Besar Polisi Rusdy Prama di Kantor KPU KBB, Jalan Raya Purwakarta, Senin (12/2/2018) sore. 

Dia menuturkan jika kepolisian juga telah melakukan pemetaan titik-titik rawan potensi gangguan saat masa Pilkada. Penempatan petugas juga diatur sedemikian rupa agar seluruh area dapat diamankan.

"Pemetaan pasti itu. Cuma untuk kepentingan keamanan sudah saya petakan beberapa daerah yang aman dan yang butuh perhatian. Dan kami sudah mempersiapkan diri, menindaklanjuti bagaimana hasil pemantauan kondisi pra-Pilkada," katanya.

Sejumlah objek vital termasuk di antaranya Kantor KPU, Panwaslu, serta kediaman masing-masing calon tak luput dari penjagaan. Polisi bahkan mengerahkan sedikitnya delapan personel untuk menjaga satu paslon.

"Ada anggota kami yang akan mengamankan, untuk menjamin keamanan, keselamatan, paslon Ketua KPU dan Panwaslu. Tapi, punten, saya nitip anak buah saya tugasnya hanya keamanan. Jangan dilibatkan dalam politik praktis," ujar dia.

Selain 850 aparat kepolisian, 250 tentara dari Komando Distrik Militer 0609 ikut diterjunkan dalam pengamanan. "Saya minta tolong kita sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban semuanya dari diri masing masing, pam swakarasa. Kami dari Polres Cimahi dan Kodim (0609) siap all out," kata dia.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar