6 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Rambut Kamu Rusak

  Kamis, 08 Februari 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Velove Vexia. (Antara)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM -- Seperti yang kita ketahui, rambut merupakan mahkota yang wajib dijaga kesehatannya baik untuk kaum wanita maupun pria. Tapi faktanya, tanpa disadari rutinitas harian seringkali menyebabkan rambut rusak dan kehilangan kecantikan alaminya. Merangkum dari Boldsky, berikut enam kebiasaan yang mampu merusak rambutmu.

#Sering menggunakan alat styling rambut

Alat styling rambut memang mampu menciptakan tatanan rambut ala salon. Namun efek sampingnya pun terbilang cukup signifikan. Hawa panas yang ditimbulkan dari alat styling seperti hair dryer, curling iron, hingga catokan mampu merusak lapisan permukaan rambut. Karena itu, pastikan berikan proteksi terlebih dahulu pada rambut agar terlindungi secara optimal.

#Terlalu kasar saat menyisir rambut

Saat rambut kusut, tentu kamu bakal mengandalkan sisir untuk mengurai kekusutan pada rambut. Akan tetapi jika dilakukan dengan kasar, justru akan membuat rambut menjadi rontok. Jadi pastikan menyisir rambut secara lembut.

#Mengikat rambut terlalu kencang

Khusus buat kaum hawa yang memiliki rambut panjang, kegiatan menguncir rambut tentu menjadi hal lumrah yang dilakukan setiap hari. Namun ternyata, mengikat rambut terlalu kencang dapat membuat rambut menjadi patah dan rontok. Pastikan untuk memilih ikat rambut berbahan dasar lembut dan tak memiliki sambungan atau elemen metal yang mampu memperah kerusakan rambut Anda.

#Menyisir Rambut saat Basah 

Menyisir rambut saat basah adalah kebiasaan umum lainnya yang bisa menyebabkan kerusakan pada surai rambutmu. Kebiasaan ini selain menjadikan tampilan ramputmu terlihat compang-camping. Juga mengakibatkan helai rambut basahmu bakal sangat rentan dan rawan terhadap kerusakan. Kebiasaan ini pun bisa membuat rambut tidak menarik saat dipandang.

#Mandi dengan air panas

Mandi dengan air panas memang mampu memberikan sensasi relaks pada tubuh. Akan tetapi hal ini tak berlaku pada rambutmu. Faktanya, mandi dengan air panas justru bisa menghilangkan kandungan minyak alami pada kulit kepala dan menyebabkan rambutdan kulit kepala menjadi kering.

#Produk dengan kandungan kimia

Produk yang mengandung banyak kimia pada sejumlah produk rambut komersial seperti serum, semprotan, pelembam rambut, rupanya dapat membuat rambutmu dalam masalah. Soalnya, dengan menggunakan banyak produk berbahan kimia keras dapat menyebabkan kerusakan parah pada rambutmu. Bahkan pada situasi yang parah, kebiasaan menggunakan produk semacam ini dapat menyebabkan berbagai kondisi rambut yang tidak menyenangkan seperti rambut rontok dan pecah-pecah. 

 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar