Satu Unit Bus DAMRI Terbakar di Depan Kampus IPDN

  Selasa, 06 Februari 2018   Hengky Sulaksono
Sebuah bus DAMRI terbakar di depan kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jatinangor, Selasa (6/2). (Ist)

JATINANGOR, AYOBANDUNG.COM -- Satu unit bus Damri jurusan Dipatiukur-Jatinangor dilaporkan terbakar di depan kampus Institut Pemerintah Dalam Negeri, Desa Cibeusi, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedeng,  Selasa (6/2/2018) siang.

Berdasarkan catatan kepolisian, kebakaran diketahui terjadi pukul 10.35 WIB. Bus nahas tersebut dikemudikan Wahyu Ujianto (45) dan bernomor polisi D-7589-AP. Saat kejadian, bus tersebut tengah mengangkut sejumlah penumpang.

Kejadian bermula saat bus yang tengah melaju tersebut mengeluarkan asap dari bagian dashboard depan. Asap pekat yang mengepul diketahui oleh sopir yang lantas menghentikan kendaraan.

Selepas menghentikan kendaraan, sopir mengambil inisiatif berusaha membuka pintu utama hidrolik, namun terjadi kemacetan sehingga pintu tidak bisa dibuka.

"Kemudian sopir memberhentikan mobil di depan kampus IPDN dan membuka pintu hidrolik dengan alat pemecah kaca yang tersedia di samping jendela bus tersebut. Setelah pintu terbuka, penumpang beserta supir dan kernet bus bisa keluar," kata Kepala Keolisian Resor Sumedang, Ajun Komisaris Besar Polisi Hari Brata.

Kejadian yang terjadi tepat di seberang kampus pun langsung direspons petugas pengamanan IPDN. Tiga unit mobil pemadam kebakaran dari sejumlah institusi gabungan datang untuk memadamkan kebakaran. Api berhasil dipadamkan pada pukul 11.24 WIB.

"Akibat kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa dan pihak bus (yang) mengalami kerugian materi belum bisa dihitung berhubung sedang diinventarisir dengan kondisi bus dalam keadaan terbakar dan rusak parah," kata dia.

Penyebab kebakaran masih diselidiki hingga saat ini. Dugaan sementara, kebakaran dipicu terjadinya korsleting listrik di bagian panel bawah kemudi sopir sehingga menimbulkan percikan api.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar