Yuk, Wisata Sejarah di Museum Pendidikan Nasional

  Senin, 05 Februari 2018   Fathia Uqim
Museum Pendidikan Nasional UPI. (upi.edu)

SUKASARI, AYOBANDUNG.COM – Kalau kamu ingin berwisata sejarah murah meriah, kamu bisa berkunjung ke Museum Pendidikan Nasional yang berlokasi di Universitas Pendidikan Indonesia alias UPI Bandung.

Museum ini terbilang baru jika dibandingkan museum lainnya. Soalnya, museum ini baru diresmikan pada 2 Mei 2015 lalu.

Cukup dengan Rp5.000 kamu bisa mendapatkan ilmu serta aktivitas seru. Mau tahu apa saja yang ada di dalam Museum Pendidikan Nasional?

 

#1 Menteri Pendidikan Indonesia dari masa ke masa

Di sana kamu bisa mengetahui sosok para menteri pendidikan kita dari periode pertama hingga saat ini. Kamu akan disuguhkan profil setiap menteri yang terpajang di dinding museum.

Selain itu, ada juga barang-barang langka seperti ijazah yang dikeluarkan sejak zaman Belanda hingga yang paling teranyar. Nikmati setiap sudutnya karena banyak sekali hal-hal yang belum kamu ketahui soal sistem pendidikan Indonesia di masa lampau.

#2 Pendidikan di zaman dahulu

Museum Pendidikan Nasional menyuguhkan informasi soal belajar-mengajar di zaman baheula. Kamu bakal tahu tentang manusia yang pertama kali belajar dari batu hingga menggunakan pensil.

Tak hanya itu, museum ini juga dilengkapi dengan materi audio visual yang menceritakan sejarah pendidikan di masa lampau.

#3 Profil Universitas Pendidikan Indonesia

Di museum yang berlokasi di Jalan Dr. Setiabudi ini, kamu bakal tahu tentang sejarah Universitas Pendidikan Indonesia. Sejak awal dibangun pada zaman Belanda sebagai sekolah keguruan, hingga saat ini.

#4 Taman terbuka

Lantai paling atas museum ini menawarkan taman terbuka untuk sekadar menghilangkan kejenuhan. Di taman ini, kamu bisa melihat Gunung Tangkuban Parahu di sebelah utara, serta lansekap Kota Bandung yang cantik nian.

#5 Pendidikan di masa depan

Salah satu lantai di museum ini menyajikan konsep pendidikan futuristik yang bisa kamu lihat dan rasakan. Jangan ragu untuk memainkan salah satu benda yang disediakan. Di antaranya adalah benda-benda visual. Ketika kamu memasukkan tanganmu ke benda itu, tanganmu akan ada di layar dan kamu harus menyelesaikan tantangan yang diberikan dengan tanganmu sendiri.

Penasaran, kan, bagaimana serunya bermain di Museum Pendidikan Nasional? Yuk, ajak keluarga dan teman-temanmu ke sana untuk berwisata sejarah!

 

Info :

Museum Pendidikan Nasional UPI

Jalan Dr. Setiabudhi No. 129, Bandung

Jam operasi : Senin – Jumat, 09.00 – 15.00 WIB

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar