KPU Jabar: Semua Bapaslon Belum Memenuhi Persyaratan

  Rabu, 17 Januari 2018   Mildan Abdalloh

JALAN GARUT, AYOBANDUNG.COM -- Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat menyatakan keempat bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur belum memenuhi syarat untuk maju di Pilgub Jabar.

"Berdasarkan hasil verifikasi yang kami lakukan, semua bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat belum memenuhi syarat calon," tutur Ketua KPU Jawa Barat Yayat Hidayat ketika diwawancara selepas rapat pleno terbuka penyerahan hasil tes kesehatan dan pemeriksaan berkas bapaslon di Kantor KPU Jabar, Rabu (17/1/2018).

Dia menyebutkan berkas yang belum lengkap di antaranya LHKPN, SKCK yang masih berupa foto copy, SPT tidak lengkap dan sejumlah syarat calon lainnya yang diminta oleh KPU.

"Masing-masing orang berbeda kekurangannya. Kecuali LHKPN karena yang terbaru belum keluar dari KPK," ujarnya.

KPU Jabar memberi waktu selama tiga hari dimulai besok kepada semua kandidat untuk melengkapi berkasnya.

"Waktu untuk perbaikan kami beri tiga hari. Memang tidak ada sanksi jika dalam waktu tiga hari tidak juga diperbaiki, tapi kalau sampai saat penetapan pasangan calon 12 Februari belum lengkap juga, bisa dicoret," tegasnya.

Pada saat bersamaan KPU Jabar juga menyerahkan laporan hasil pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani yang meliputi fisik, psikologis dan narkoba. Menurut Yayat berdasarkan surat keterangan resmi dari tim pemeriksa kesehatan, semua kandidat dinyatakan memenuhi syarat kesehatan.

"Berkas hasil pemeriksaan sifatnya rahasia, kami KPU juga tidak tahu, hanya yang bersangkutan yang diperbolehkan membuka rinciannya. Berkasnya kami titipkan kepada tim kampanye dan sudah diingatkan untuk tidak membukanya," ujarnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar