10 Cara Terbaik Menghindari Ingusan

  Sabtu, 13 Januari 2018   Asri Wuni Wulandari
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

AYOBANDUNG.COM Ingusan itu menyebalkan, saudara! Ada lendir yang menggumpal di dalam lubang hidung itu menyiksa. Apalagi kalau si lendir membikin hidung tersumbat, tidur jadi tak nyenyak karena harus membulak-balikkan badan ke kanan dan kiri.

Terus, penyakit ingusan alias flu juga bikin tulang serba pegal dan lemas bukan main. Bisa jadi berbahaya kalau kamu harus menjalani aktivitas kantor. Badan yang lemas ditambah nyingsreuk (menyedot lendir – red) sana-sini sambil bikin laporan itu mengganggu konsentrasi.

Sekarang, Bandung lagi sering dilanda cuaca tak menentu. Wajar kalau penyakit flu jadi rawan buat kamu yang punya aktivitas padat tapi sering lupa menjaga kesehatan tubuh. Nah, berikut ayobandung kasih beberapa tips untuk menghindari ingusan diambil dari Health.

 

# Minum teh panas

Minum teh panas – teh hijau atau hitam – bercampur lemon dan madu itu efektif untuk mencegah flu. Dengan minum teh panas, uap bisa menstimulasi silia – folikel rambut di hidung – untuk mengusir kuman dengan lebih efisien. Sementara lemon mampu menipiskan lendir, dan madu punya sifat antibakteri.

# Konsumsi protein

Penelitian menunjukkan jika diet yang terlalu rendah protein bisa menghabiskan sistem kekebalan tubuh. Maka, pastikan biar kamu mengonsumsi makanan yang kaya kandungan protein sepanjang hari. Utamanya, ikan, telur, dan yogurt.

# Bersih-bersih

Kalau yang ini sudah umum, karena katanya hidup bersih maka kamu hidup sehat. Selain rajin membersihkan diri, kamu juga perlu membersihkan apa saja yang ada di sekitarmu. Khususnya, barang-barang yang ada di kantor sebagai tempat kamu beraktivitas sehari-hari. Coba bersihkan area sekitar aktivitasmu setidaknya sekali dalam sepekan

# Gunakan Vodka untuk bersih-bersih

Oke, ini agaknya menjadi cara bersih-bersih yang agak mahal. Namun, faktanya kandungan alkohol Vodka yang tinggi membuatnya jadi disinfektan paling hebat. Jadi, kalau kamu enggak punya hand sanitizer tapi doyan alkohol, boleh lah sisakan sedikit Vodka-mu buat bersih-bersih tangan.

# Jangan ambil napas di dekat orang yang flu

Ketika kamu berjalan melewati orang lain yang bersin dan batuk, coba jangan ambil napas dulu. Tarik napas ketika kamu setidaknya agak berjarak darinya. Hal ini membikin kamu tidak menghirup udara yang baru saja terkontaminasi.

# Konsumsi permen mentol

Kalau kamu mulai merasa tenggorokanmu gatal dan menduga bakal terkena flu, cepat-cepat cari permen mentol. Konsumsi itu selama beberapa hari, karena permen-permen itu bisa menghilangkan gejala dan membikin kondisimu membalik dengan lebih cepat.

# Minum jus

Kita kan enggak tahu kuman apa saja yang bakal kita hadapi. Nah, selama musim enggak menentu ini, bakal lebih baik kalau kamu sering-sering mengonsumsi jus. Kamu bisa bikin jus kangkung, jus brokoli, jus timun, jus wortel, dan jus lemon.

# Rileks

Percayalah, bagaimana pun kesehatan fisik bisa dipengaruhi oleh kesehatan psikis. Membikin pikiran dan tubuh rileks bisa membantu melawan infeksi. Coba letakkan tangan kanan di atas kepala dan tangan kiri di antara kedua alis. Lantas tarik napas dengan rileks selama lima menit. Lakukan ini setiap pagi, ya.

# Pergi ke panti pijat

Pijat tubuh sebaiknya dilakukan sekali dalam sebulan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan lebih oksigen dan darah. Pijat juga bikin kamu rileks dan mengurangi stres. Ketika kamu bahagia, kamu cenderung tidak menjadi magnet bagi kuman.

Tapi perlu diingat, ini tidak berlaku untuk pijat yang lain-lain, lho..

# Tidur cukup

Tidurlah yang cukup. Penelitian menunjukkan jika tubuh membutuhkan tidur selama tujuh hingga delapan jam sehari. Hal itu dibutuhkan untuk merespons kekebalan tubuh dari sel penyakit. Tidur adalah konsep pertahanan paling handal menghadapi infeksi.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar