web analytics
Top banner bank bjb
20 Cara Ampuh Mengatasi Stres di Tempat Kerja
Oleh Adi Ginanjar Maulana, pada Dec 19, 2017 | 13:23 WIB
20 Cara Ampuh Mengatasi Stres di Tempat Kerja
Ilustrasi stres.(PIxabay)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM—Di era globalisasi sebagian besar orang memiliki gaya hidup yang tidak banyak berubah. Mereka seperti robot dan beban kerja terus meningkat dari hari ke hari.

Studi telah menunjukkan pekerjaan di atas meja meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Bahkan, tingkat stres lebih besar dibandingkan dengan pekerja di lapangan.

Berikut 20 cara untuk mengurangi stres di tempat kerja seperti dilansir Boldsky, Selasa (19/12/2017):

Jangan Lewatkan Sarapan

Sarapan meningkatkan tingkat energi dan memberi dorongan untuk memulai aktivitas di pagi hari. Bila Anda memiliki banyak pekerjaan, Anda memerlukan energi banyak.

Berjalan

Berjalan dengan interval teratur akan membantu menaikan mood Anda dan meningkatkan tingkat energi. Selang waktu tiga jam biasanya ideal untuk berjalan-jalan. Anda bahkan bisa menikmati cuaca di luar dan menjadi energik sepanjang hari.

Duduk Aktif

Membungkuk di kursi kerja merupakan praktik yang sangat tidak sehat dan akan menyebabkan kelelahan tubuh secara umum. Pertahankan postur tubuh yang baik, sehingga Anda tidak harus menghadapi efek sampingnya. Ini juga membantu meningkatkan kapasitas otak dan memungkinkan bekerja lebih baik.

Dengarkan Musik

Mendengarkan musim bisa menjadi cara terbaik untuk mengangkat suasana hati Anda yang suram dan menyingkirkan stres. Musik selalu terasa magis dan memiliki kemampuan untuk membuat Anda merasa berenergi. Saat Anda meletakkan headphone, membantu membuka sel otak dan mengurangi semua ketegangan.

Makan Makanan Ringan

Jika Anda berencana untuk makan sehat, itu tidak hanya membantu meningkatkan mood saja, tetapi juga membuat lebih produktif dan energik. Suasana hati juga akan mengirimkan getaran positif kepada orang lain, sehingga membuat seluruh lingkungan bebas stres.

Peregangan Tubuh Secara Reguler

Peregangan tubuh sesering mungkin. Hal ini akan membantu meredakan stres yang telah terbentuk sepanjang waktu. Duduk di satu tempat, terutama pekerjaan di meja kerja, membuat seseorang kaku dan marah.

Simpan Gambar yang Anda Cintai di Meja Kerja Menghabiskan waktu dengan orang yang Anda cintai memberi kegembiraan yang luar biasa dan mengurangi semua stres yang telah terakumulasi.

Jelajahi Internet

Cara terbaik untuk mematahkan pola kerja monoton dengan menelusuri internet. Anda bisa menelusuri halaman fotografi dan mencari pemandangan yang indah atau hanya melihat berbagai tempat untuk bepergian.

Memprioritaskan Pekerjaan Anda

Sangat penting untuk memprioritaskan pekerjaan, sehingga bisa menyelesaikannya tepat waktu. Tuliskan daftar tugas yang harus diselesaikan dan atur waktu dengan baik. Dengan cara ini, Anda tidak akan merasa terlalu terbebani untuk menyelesaikan semua tugas dengan tergesa-gesa.

Bermimpi

Bermimpi tidak hanya akan membantu meredakan stres, tapi juga membuka imajinasi kreatif. Bila bermimpi tentang hasrat dan fantasi, ini membantu menenangkan pikiran dan hati.

Pijat di Tempat Kerja

Ini hanya berlaku jika Anda memiliki tempat kerja yang bagus. Penelitian telah menunjukkan bila pijat membantu dalam menghilangkan seluruh tubuh dan pikiran.

Bermain dengan Hewan

Bila Anda dapat mengatur untuk menemukan hewan piaraan atau orang asing di dekat kantor, pergilah untuk menemuinya. Hal ini berfungsi sebagai aktivitas terbaik untuk meningkatkan energi.

Tersenyum

Tersenyum merupakanaturan dasar untuk bebas dari stres. Jika tersenyum, kolega juga akan tersenyum kembali pada Anda, yang akan membantu menciptakan suasana hati yang sangat positif di tempat kerja. Lebih positif juga akan menghasilkan produktivitas lebih banyak. Jadi, teruslah tersenyum!

Curhat

Saat merasa stres, selalu disarankan untuk membicarakan masalah dengan orang yang Anda sayangi. Teknik ini selalu membantu Anda untuk melepas stres.

Mengamati Alam

Bila Anda cukup beruntung memiliki tempat kerja di dekat taman, luangkan waktu untuk mengamati alam.

Bermain Sambil Bekerja

Tidak baik serius sepanjang waktu selama bekerja. Tidak apa-apa untuk menikmati permainan pendek untuk mengisi pekerjaan.

Mengunyah Permen Karet

Semua orang telah menikmati aktivitas ini saat mereka masih kecil. Ambilah permen karet dan kunyahlah agar beban stres Anda bisa berkurang.

Punya Waktu Sendiri

Memiliki beberapa waktu untuk menyendiri sangat penting, ketika mulai bekerja.

Bersikap Positif

Ini berlaku untuk semua situasi. Memiliki sikap optimis dan positif membantu pencapaian apa pun yang Anda inginkan. Sikap positif juga membantu mencerahkan suasana hati dan perasaan orang lain di sekitar Anda.

Source: Boldsky

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Middle banner pos
Artikel Terkait