web analytics
Top banner bank bjb
Perkuat Data Survei, BI Jabar Gelar Temu Responden
Oleh Arfian Jamul Jawaami, pada 21 Nov, 2017 | 15:59 WIB
Perkuat Data Survei, BI Jabar Gelar Temu Responden
Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat menggelar kegiatan Temu Responden 2017 yang bertempat di Situ Patenggang Ciwidey, Kabupaten Bandung pada Selasa (21/11/2017).

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM—Bank Indonesia memegang peranan penting dalam upaya mencapai dan memelihara kestabilan nilai mata uang rupiah melalui penetapan kebijakan di bidang moneter, sistem keuangan, dan stabilitas sistem pembayaran.

Pada dasarnya kestabilan nilai rupiah melibatkan dua aspek utama. Aspek pertama berkenaan dengan kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa yang tercermin pada perkembangan laju inflasi. Sementara aspek kedua lebih menekankan pada kestabilan terhadap mata uang negara lain.

Tentu serangkaian kebijakan tersebut dapat ditetapkan dengan bijak melalui upaya penguatan pada basis kajian dan penelitian research based policy yang bergantung pada kehadiran data akurat.

Artinya kebutuhan akan data menjadi sangat penting begitu juga dengan peran dari responden selaku eksekutor dalam setiap realisasi survei yang dilakukan Bank Indonesia. Salah satu wujud nyata dari kemitraan tersebut berupa pertukaran informasi secara terbuka.

Terlebih hasil survei sangat memengaruhi temuan dari data primer yang current condition. Sebuah cara yang dinilai lebih tepat dan akurat untuk digunakan sebagai dasar dari pengambilan kebijakan.

"Data primer mengenai gambaran kondisi ekonomi merupakan masukan yang sangat berguna dalam merumuskan kebijakan Bank Indonesia," ujar Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Jabar Ismet Inono pada Selasa (21/11/2017).

Sebuah landasan yang kemudian menginspirasi Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat menggelar kegiatan Temu Responden 2017 yang bertempat di Situ Patenggang Ciwidey, Kabupaten Bandung pada Selasa (21/11/2017).

"Pertemuan ini memiliki makna yang sangat penting bagi kami terutama dalam rangka meningkatkan kemitraan antara Bank Indonesia dengan responden survei," Ismet Inono.

Tidak kurang dari 180 responden dan surveyor turut hadir dalam kegiatan yang dikemas secara outbound. Serangkaian permainan bersifat menghibur dilakukan sebagai bentuk apresiasi dan silaturahmi dengan responden yang telah membantu kelancaran survei Bank Indonesia.

Peran responden dinilai sangat penting terkait perkembangan ekonomi secara general. Soalnya sikap objektivitas para responden di lapangan merupakan bahan utama dalam rumusan regulasi.

"Pada gilirannya kualitas dan objektivitas data (para responden) akan sangat membantu dalam menghasilkan rumusan kebijakan yang tepat waktu dan sasaran," ujar Ismet Inono.

Adapun beberapa survei yang rutin dilakukan oleh Bank Indonesia Jabar di antaranya bekenaan dengan aspek konsumen, penjualan eceran, dunia usaha, properti residensial primer dan sekunder, pemantauan harga mingguan, properti komersial, serta lainnya.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Middle banner pos
Artikel Terkait