web analytics
Top banner bank bjb
AS Rilis Sebagian Dokumen Rahasia Seputar Pembunuhan John F Kennedy
pada 27 Oct, 2017 | 13:19 WIB
AS Rilis Sebagian Dokumen Rahasia Seputar Pembunuhan John F Kennedy
Mantan Presiden AS John F Kennedy. (Reuters)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Pemerintah Amerika Serikat merilis dokumen rahasia terkait pembunuhan Presiden John F Kennedy. Sebagaimana kita ketahui, pembunuhan mantan Presiden AS itu menjadi salah satu rahasia terbesar dalam politik AS.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump memerintahkan dirilisnya 2.800 dokumen-dokumen rahasia pembunuhan Presiden John F Kennedy di Dallas, Texas, pada 22 November 1963. Namun tak semua dokumen itu diluncurkan.

Para pakar menyatakan jika dokumen-dokumen rahasia itu kecil kemungkinannya mengandung pengungkapan menghebohkan atau menguatkan teori konspirasi di balik pembunuhan itu.

Salah satu dokumen itu adalah transkrip pembicaraan J. Edgar Hoover, yang saat itu menjabat Direktur FBI pada 14 November 1963. Hoover mengatakan jika FBI telah memberi tahu polisi mengenai sebuah ancaman pembunuhan dari Lee Harvey Oswald pada malam sebelum Oswald terbunuh. Tetapi polisi tidak berbuat apa-apa.

Komisi Warren yang menyelidiki penembakan Kennedy yang kharismatis dan saat itu berusia 46 tahun, menyimpulkan bahwa Oswald yang mantan petembak jitu Marinir AS, bertindak sendiri dalam pembunuhan Kennedy.

Rahasia negara dalam jumlah sangat besar ini berisi banyak aspek mulai dari memo para direktur FBI sampai wawancara dengan warga di Dallas demi mencari petunjuk pembunuhan yang merupakan momen yang tak terlupakan dalam sejarah AS. Beberapa dokumen malah bertahun 1970-an yang termasuk catatan tangan para pejabat yang sudah sulit dibaca kembali. 

Dalam memorandumnya, Trump setuju menahan beberapa dokumen untuk pengkajian kembali secara menyeluruh berkaitan dengan pembunuhan itu. Menurut para pejabat pemerintahan Trump, kebanyakan dokumen yang dimintas itu berasal dari CIA dan FBI.

Source: Antara

Editor: Asri Wuni Wulandari

Middle banner pos
Artikel Terkait