web analytics
Top banner bank bjb
Kebiasaan Merokok Juga Berkontribusi pada Penuaan Kulit
pada 20 Oct, 2017 | 09:08 WIB
Kebiasaan Merokok Juga Berkontribusi pada Penuaan Kulit
Ilustrasi. (REUTERS/Michaela Rehle)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Tak hanya organ tubuh vital, seperti paru-paru, yang menjadi terdampak dari kebiasaan merokok. Rupanya, merokok juga bisa menimbulkan kerutan pada wajah.

"Proses menghisap itu kan mulut posisinya seperti mencucu, akan mempertegas kerutan. Ditambah lagi asap, polusi," ujar Spesialis Kulit, dr Fitria Amalia dalam media gathering di Jakarta, Kamis (19/10/2017) sebagaimana dilansir dari ANTARA. Tak ayal, kerutan-kerutan di kulit lantas akan nampak. Utamanya di bagian sekitar mulut dan pipi.

Di samping kebiasaan merokok, paparan sinar matahari yang terus menerus tanpa perlindungan, ditambah dengan polisi, juga berkontribusi besar dalam penuaan kulit.

"Paling berat radiasi paparan sinar matahari walaupun hanya beberapa menit tetapi rutin tanpa proteksi dari luar dan dalam, bisa mempengaruhi kesehatan kulit," kata perempuan yang biasa disapa Amel ini.

Kondisi ini bisa semakin diperparah bila seseorang menerapkan gaya hidup tak sehat seperti banyak mengonsumsi makanan berpengawet, mengandung pewarna dan kerap mengalami stres.

Sejumlah tanda yang bisa menjadi prediktor mulainya penuaan kulit antara lain: muncul kerutan, perubahan warna kulit, kulit menjadi kusam dan kering. "Pembuluh darah lebih mudah pecah sehingga mudah memar, mudah berdarah," tutur Amel.

Tanda lainnya bisa juga dilihat dari rambut yang mulai beruban, menipis, bagian dahi yang tampak bergaris-garis, dahi mencekung, pipi mengendur, masa lemak menurun, densitas kulit menurun, leher mengendur, dan terakhir, perubahan pigmentasi.

Source: Antara

Editor: Asri Wuni Wulandari

Middle banner pos
Artikel Terkait