web analytics
Top banner bank bjb
Kurt Cobain yang Rupanya Menggemari Sepatu Merek Bata
Oleh Asri Wuni Wulandari, pada 09 Oct, 2017 | 10:31 WIB
Kurt Cobain yang Rupanya Menggemari Sepatu Merek Bata
Kurt Cobain. (Pinterest/ OshoPdx)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM – Dear, para penggemar Kurt Cobain. Tinggalkan sepatu Converse-mu, dan kini, mulailah lirik sepatu keluaran Bata, sepatu yang hampir pasti kamu kenakan saat duduk di bangku sekolah dasar. Sebab ternyata, gitaris kidal legendaris yang satu ini adalah salah seorang penggemar produk sepatu keluaran Bata.

Ya. Ketika seorang musisi mencapai status legendarisnya, sebagian besar dari apa yang mereka lakukan – penting ataupun tidak penting – selalu menjadi legenda di antara para penggemarnya. Salah satunya, memungkinkan para penggemar untuk mengacak-ngacak isi lemari pakaian sang idola, hingga akhirnya apa yang ada di dalam lemari ikut-ikutan punya status “the legend”.

Tak sedikit orang yang begitu menggilai era grunge di tahun 1990-an. Era yang disebut-sebut sebagai masa emas kebanyakan orang. Dan mereka, orang-orang itu, begitu terdampak oleh estetika Kurt Cobain.

Mulai dari kemeja berbahan flanel, kacamata hitam hingga Converse Jack Purcells yang lusuh. Bahkan, tanda-tanda yang tertulis di sepatu ketsnya juga mengilhami diskusi-diskusi spekulatif. Para pemilik mata tajam mungkin bakal menganggap bahwa Converse Jack Purcell adalah yang favorit bagi seorang Kurt. Tapi rupanya ada yang terlambat ditangkap para pemilik mata tajam itu, yaitu momen ketika Kurt kerap mengenakan sepatu Bata Hotshot.

Fakta ini mulanya terungkap dalam beberapa unggahan akun Instagram @bataheritage beberapa bulan ke belakang. “The legend Kurt Cobain. One of the biggest Bata Hotshot fan.” Bata Heritage mengeluarkan tiga unggahan foto yang menampilkan Kurt Cobain tampil bersama si Hotshot lusuh kesayangannya.

 

 

#MCM The Legend Kurt Cobain. One of the biggest Bata Hotshot fan. ❤️

Meski dikembangkan pada tahun 1970an, Bata Hotshot dianugerahi oleh salah satu kaki rockstar legendaris. Dikutip dari Juice, sneaker ringan itu pertama kali dikembangkan sebagai sepatu basket. Seperti Converse Chuck Taylor All-Star, Bata Hotshot melampaui akar atletiknya untuk menembus mode street style, tanpa kehilangan konstruksi sporty-nya yang tetap mencuri perhatian.

Dengan sol karet yang divulkanisir, Hotshot menawarkan banyak daya tarik pada lapangan licin seperti lapangan basket. Hal itu pula yang bikin Kurt Cobain begitu menyukai si Hotshot.

Laman resmi Bata Heritage menulis jika Hotshot adalah salah satu produk inti dari kemitraan antara Bata dengan Wilson yang dijual selama beberapa musim di Amerika Serikat. Lantas, baru dua dasawarsa kemudian, Bata Hotshit mendapat kebanggaan besar saat pentolan Nirvana, Kurt Cobain, terlihat beberapa menggunakan sneaker yang satu ini.

“Kami tidak pernah mendapat kesempatan untuk bertanya apa yang disukainya (Kurt Cobain) dari sepatu itu. Dugaan kami adalah bahwa Kurt merasa unik, berbeda dan autentik dengan sepatu itu,” tulis laman Bata Heritage.

September lalu, sepatu Hotshot kembali diluncurkan dalam tiga warna : hijau army, biru tua dan skema hitam-kuning sebagai model sepatu asli yang kerap menemani Kurt Cobain dari jalan ke jalan, dari panggung ke panggung.

 Tunggu apa lagi? Sila cek outlet-outlet Bata dan temukan si Hotshot kesayangan Kurt Cobain.

Editor: Asri Wuni Wulandari

Middle banner pos
Artikel Terkait