web analytics
Top banner bank bjb
Pilwalkot Bandung : KPU Targetkan 70% Pemilih
Oleh Ananda Muhammad Firdaus, pada 27 Sep, 2017 | 12:53 WIB
Pilwalkot Bandung : KPU Targetkan 70% Pemilih
Warga mendatangi agenda peluncuran jingle dan maskot Pilwalkot Bandung 2018 di KPU Kota Bandung, Rabu (27/9). (AyoBandung/Ananda Firdaus)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM – Komisi Pemilihan Umum Kota Bandung menargetkan partisipasi masyarakat dalam Pilwalkot Kota Bandung pada 2018 mendatang mencapai  angka 70%.

"Kita upayakan target pemilih sampai pada angka 65%, maksimalnya mudah-mudahan 70%," ujar Ketua KPU Kota Bandung, Ridfi Ali Mubarok dalam peluncuran jingle dan maskot Pilwalkot Bandung pada Rabu (27/9/2017)

Rifki menyebut, angka partisipasi masyarakat dalam helatan Pilwalkot tahun 2013 hanya menginjak 60%. Sehingga pihaknya perlu menggencarkan kembali proses sosialisasi. 

AYO BACA : Genjot Pastisipasi Pemilih, KPU Kota Bandung Andalkan \"Si Maung\"

Satu di antara upayanya, tutur Rifki, adalah menggalakan permainan-permainan edukasi pada masyarakat. Seperti permainan simulasi memilih yang dihadirkan pihaknya untuk warga dalam acara peluncuran. "Hari ini tidak hanya ada maskot dan jingle, tetapi ada media sosialisasi kreatif berupa permainan pemilih sehingga warga tertarik," lanjutnya. 

Disinggung agenda terdekatnya, Rifki mengatakan jika tahapan kedua yang akan dilakukan pihaknya adalah pembentukan panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di bulan Oktober nanti.

Sementara tahapan-tahapan selanjutnya akan bergulir bersamaan dengan kebutuhan pelaksanaan sampai bulan Juni tahun 2018 mendatang.

"Dimulai dari tahapan pembentukan PPK KPPS, terus pemutaran data pemilih, kemudian pencalonan, kampanye, dilanjutkan distribusi logistik dan diakhiri oleh pemilihan dan penghitungan suara," jelas Rifki.

Editor: Asri Wuni Wulandari

Middle banner pos
Artikel Terkait