web analytics
Top banner bank bjb
Pilgub Jabar: Emil Senyap Tapi Aktif
Oleh Arfian Jamul Jawaami, pada Jul 31, 2017 | 18:50 WIB
Pilgub Jabar: Emil Senyap Tapi Aktif
Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil. (Instagram)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pergerakan politik Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dalam menyambut Pilkada Jawa Barat tahun 2018 mendatang dinilai beberapa kalangan berjalan terlalu lambat.

Meski merupakan kandidat pertama yang mendeklarasikan diri bersama Partai Nasdem, Emil dinilai lambat dalam lobi politik bila dibandingkan dengan bakal calon Gubernur Jawa Barat lainnya.

Soalnya hingga kini, peta koalisi yang dibangun Emil dan NasDem belum nampak ke permukaan. Mengingat NasDem hanya memiliki lima kursi di DPRD Jabar dari syarat pengajuan pendaftaran calon gubernur sebanyak 20 kursi.

"Saya enggak telat karena dalam politik tidak selalu dukungan ada dalam media. Soalnya banyak dinyatakan lewat dukungan yang senyap. Itu yang sedang terjadi," ujar Emil di Pendopo Wali Kota Bandung pada Senin (31/7/2017). 

Namun Emil selalu mengaku bila kini pihaknya terus menjalin komunikasi dengan berbagai partai politik. Di antara banyak partai politik tersebut yaitu PPP dan PKB yang dinilai Emil paling intensif.

"Kemungkinan besar dengan PKB paling dekat karena mengundang saya di hari Rabu. Kalau yang lain lain termasuk PAN belum," ujar Emil.

Meski dukungan secara resmi di atas hitam putih baru dinyatakan oleh NasDem, Emil menjanjikan adanya kejutan dukungan menjelang pendaftaran calon gubernur.

"Kalau sudah waktunya akan heboh sendiri. Hasil apa? Hasil lobi yang senyap. Ridwan Kamil itu tenang kalem dan senyap tapi aktif," ujar Emil.

Editor: Asri Wuni Wulandari

Middle banner pos
Artikel Terkait