web analytics
Top banner bank bjb
Festival Anak Bertanya, Dorong Anak Jadi Generasi Pintar dan Kreatif
Oleh Anggun Nindita Kenanga Putri, pada May 20, 2017 | 17:49 WIB
Festival Anak Bertanya, Dorong Anak Jadi Generasi Pintar dan Kreatif
Festival Anak Bertanya

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Anak kecil adalah sosok yang memiliki rasa ingin tahu yang besar. Berawal dari hal itu, pada tahun 2013, Hendra Gunawan, seorang dosen Matematika di ITB bersama rekan-rekannya membuka sebuah website yang bernama www.anakbertanya.com

Pada tahun 2015, mulailah digelar suatu kegiatan yang bernama Festival Anak Bertanya. Kini Festival Anak Bertanya, kembali diadakan untuk ketiga kalinya, pada Sabtu (20/5/2017) di Sasana Budaya Ganesha.

Hendra yang juga ketua pelaksana Festival Anak Bertanya ini menuturkan bahwa gelaran ini tujuannya agar anak bisa memiliki lagi wawasan yang luas dalam ilmunya.

“Permulaannya adalah dari kegelisahan saya akan mulai berkurangnya fasilitas, permainan, lagu, sampai dongeng untuk anak. Untuk itu kami menggelar festival ini sebagai wadah bagi anak-anak untuk lebih kreatif lagi,” ujarnya

Dalam Festival Anak Bertanya ini, ada 29 lembaga yang turut serta dalam acara ini. 26 booth, terdiri dari booth yang mengusung kegiatan edukatif secara umum, kegiatan pengayaan atau keterampilan, dan juga lembaga-lembaga yang bertugas dalam memperjuangkan hak asuh bagi anak.

“Untuk tiga wahana sendiri terdapat wahana planetarium, panahan, dan simulasi lalu lintas yang lengkap didampingi oleh Polwan,” katanya.

Terdapat juga pertunjukan hiburan untuk anak, seperti pertunjukan tari dan dongeng.

“Dalam Festival Anak bertanya juga ditampilkan pertunjukan pencak silat dan seni pantomim, di mana sudah banyak anak-anak zaman sekarang yang tidak lagi mengenal kedua kesenian tersebut,” paparnya.

Anak-anak juga bisa menyaksikan film dan lagu-lagu anak yang sudah sangat langka diputar pada zaman sekarang.

Hendra berharap kegiatan seperti ini akan bisa diadakan setiap tahunnya untuk lebih menumbuhkan lagi rasa ingin tahu pada anak dan mencetak anak-anak menjadi generasi penerus masa depan bangsa yang pintar dan kreatif.

Editor: Andres Fatubun

Middle banner ayobandung
Artikel Terkait