ASITA Jabar: Tiket Wisata Kampung Gajah Terlalu Mahal

  Rabu, 20 Desember 2017   Fajar Sukma
Pemandangan Wisata Kampung Gajah.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Setelah dinyatakan pailit, wisata Kampung Gajah ramai jadi perbincangan. Tak sedikit warga yang merasa tidak percaya dengan kondisi tersebut.

Ketua Asosiasi Travel Agen (ASITA) Jawa Barat, Budianto, menilai ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab terciptanya kondisi tersebut. Pertama, wisata Kampung Gajah dirasa kemahalan oleh sejumlah pengunjung. Kedua, jumlah pengunjung dominan wisatawan lokal, sedangkan minim untuk wisatawan luar daerah.

"Kampung gajah itu keliatannya ramai. Tapi, kok bisa pailit?. Ini yang kemudian menimbulkan banyak pertanyaan," katanya kepada Ayobandung, Rabu (20/12/2017).

Ia menuturkan kebanyakan yang berkunjung ke sana adalah wisatawan lokal Bandung dan Jakarta yang spending-nya tidak lama. Perlu ada wisatawan luar daerah lain yang datang.

"Oleh sebab itu, kami kini tengah berusaha mendatangkan wisatawan dari luar Jawa. Seperti Surabaya, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan lainnya. Mereka datang benar-benar buat pariwisata," ujarnya.

Ia menyatakan pertumbuhan wisata tematik itu memang bagus. Namun, yang perlu diperhatikan adalah inovasinya. Jangan sampai temanya masih seperti biasa-biasanya. 

"Persaingan sebenarnya tidak begitu berpengaruh. Justru harusnya dijadikan tantangan untuk lebih berinovasi," katanya.

Budi juga menampik faktor aksesibilitas mempengaruhi kunjungan ke Kampung Gajah. Meskipun sedikit macet, lokasi Kampung Gajah dirasa lebih mudah dijangkau dibanding objek wisata lainnya di Lembang.

Sebelumnya, berdasarkan pantauan Ayobandung pada hari Sabtu (16/12/2017) lalu, suasana wisata Kampung Gajah tidak seperti biasanya. Di tempat pembelian tiket masuk tidak nampak ada antrian pengunjung. Bahkan, tempat parkir pun sepi kendaraan.

ayobandung sudah mencoba mengkonfirmasi ke bagian supervisor Kampung Gajah, namun hingga saat ini belum ada jawaban mengenai kondisi sebenarnya di Kampung Gajah. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar