Tiga Cilok di Bandung yang Rasanya Paling "Nyolok"

  Jumat, 08 Desember 2017   Asri Wuni Wulandari
Ilustrasi cilok. (kulina.id)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM – Cilok adalah aci dicolok. Aci dibentuk bulat-bulat dan dikukus. Kenyalnya, ampun, paling ampuh bikin gigimu gemas. Apalagi ketika kenyalnya yang bikin nikmat itu ditambah dengan bumbu kacang, kecap, atau pedas yang melumuri area mulut. Ntaps!

Cilok bukan cuma jajanan bocah-bocah ingusan di depan sekolahnya, tapi cilok milik semua orang, termasuk kau, aku, dan kita semua. Sebab dengan cilok, apalagi yang dilumuri bumbu pedas, sendunya langit mendung di sore hari bisa ujuk-ujuk berubah jadi ceuyah.

Katanya, cilok ini jadi salah satu penganan khas Kota Bandung. Kalau begitu, sudah pasti si kota kembang ini punya beberapa gerobak cilok aduhai yang dicintai banyak orang. Nah, berikut AyoBandung coba kasih rekomendasi beberapa cilok yang paling nyolok!

 

# Cilok Goang, Jalan Terusan Buah Batu

Kalau yang ini adalah cilok variatif. Cilok Goang tak menyajikan hidangan cilok pada umumnya yang dilumuri bumbu kacang. Ia justru mengkolaborasikan cilok dan kuah bakso, lengkap dengan sambal goang-nya. Sebagai informasi, sambal goang adalah sambal khas tatar Pasundan yang merupakan tumbukan cabe rawit dan garam.

Jadi, cilok ini memang paling nikmat disantap pada sore yang mendung. Apalagi kalau kau tahu topping lain yang dihadirkan si pemilik dalam seporsi cilok. Di sana ada pangsit, tahu, siomay, ceker, dan tulang ayam! Kenyang, sudah.

Tapi meski begitu, Cilok Goang juga tetap menghadirkan sajian cilok orisinil yang dilumuri bumbu kacang. Selain itu ada juga cilok balado dengan cita rasa seuhah-nya.

Cilok Goang juga sudah ada di mana-mana, kok. Selain di Jalan Terusan Buah Batu (dekat jembatan layang Tol Buah Batu), mereka ada juga di dekat kampus Universitas Widyatama, Cikutra dan Jalan Gatot Subroto.

Sumber foto : Instagram @mega_damayanti

# Mochilok, Jalan Kubang Sari, Dipatiukur

Ini adalah cilok, si jajanan jalanan, yang naik kelas. Jika yang lain rata-rata menjajakan sajian ciloknya di gerobak-gerobak atau warung sederhana pinggir jalan, tidak dengan Mochilok. Soalnya Mochilok ini adalah sebuah kafe yang terletak di salah satu kawasan pusat pergaulan Kota Bandung, Dipatiukur, yang dipenuhi mahasiswa-mahasiswa lucu.

Cilok di sini juga tak hanya disajikan berbentuk kukusan dan lumuran bumbu kacang, tapi juga dibakar dengan saus barbeque yang mewah juga dilapisi keju mozzarella.

Jadi, ini adalah tempat bagi siapa pun yang ingin mencoba sajian cilok versi elit.

Sumber foto : Twitter @mochilok

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar