Kredit Mesra Kota Bandung, Program Pengentasan Kemiskinan Berbasis Masjid

  Senin, 14 Agustus 2017   Ananda Muhammad Firdaus
Program Kredit Mesra.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota Bandung kembali membuat program kredit baru dengan tajuk Kredit Masjid Sejahtera atau Kredit Mesra sebagai upaya membantu warga Kota Bandung kurang mampu.

"Kredit Mesra adalah program Pemkot Bandung dan MUI melalui BPR Bandung Bermartabat untuk mengentaskan kemiskinan warga sambil mendekatkan warga dengan masjid," ujar Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (13/8/2017).

Menurut pria yang sering disapa Emil tersebut, Kredit Mesra digagas tanpa ada bunga, serta agunan, dengan maksimal peminjaman sebesar Rp. 30 juta. Sedangkan untuk memperoleh bantuan, warga dapat berkonsultasi dengan DKM masjid sekaligus mendaftarkan diri ke koperasi Masjid.

"Setelah beres rekom dari ketua DKM, maka tim BPR yang naik motor akan datang untuk transaksi bantuan kreditnya," katanya.

Emil menambahkan, Kredit Mesra sendiri rencana akan dimulai minggu depan, dengan keterlibatan 4.000 masjid yang tersebar di Kota Bandung. "Yang non muslim ada program Kredit Melati (Melawan Rentenir). Sama seperti Kredit Mesra tapi tidak berbasis administrasi di Masjid," tambahnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar