Wow! Harga Skuat Manchester United Lebih Mahal dari APBD Kota Bandung

  Kamis, 27 Juli 2017   Arfian Jamul Jawaami
Skuat teranyar Manchester United. (MUFC)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Geliat pembelian pemain Manchester United di bursa transfer musim panas kali ini mungkin kalah agresif dari tetangga seteru si biru Manchester City. Terhitung hanya perekrutan Romelu Lukaku dari Everton yang dinilai paling fenomenal karena mencapai angka Rp1.2 triliun.

Sedangkan City? Wow! Setidaknya tim asuhan Pep Guardiola telah berani menggelontorkan dana lebih dari Rp3 triliun sebagai mahar pembelian Kyle Walker, Ederson, Bernardo Silva, Danilo, serta Benjamin Mendy.

Namun United Army perlu berbangga hati meski geliat transfer City begitu agresif tapi seperti dikutip dari The Guardian bila Setan Merah merupakan tim paling mahal satu jagat raya dengan jumlah total harga pemain senilai Rp10.4 triliun.

Bukan angka yang kecil untuk sebuah klub sepak bola. Angka tersebut melonjak tinggi ketika MU menjadikan Paul Pogba sebagai pemain sepak bola termahal di dunia. Setidaknya besaran tersebut jauh lebih besar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 514 kota dan kabupaten di Indonesia selain Ibu Kota Jakarta dalam satu tahun.

Untuk itu AyoBandung melakukan analisa dan riset bila dengan dana sebesar Rp10.4 triliun setidaknya United dapat membeli sebuah perusahaan multi nasional dan ternyata lebih besar dari beberapa anggaran strategis sebuah negara. Berikut daftarnya:

1. Lebih Besar dari APBD Kota Bandung
Total harga pemain MU ternyata lebih besar dari APBD Kota Bandung tahun 2017 yang mencapai angka Rp7 triliun. Padahal APBD Kota Bandung merupakan anggaran belanja kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Apalagi APBD Kota Surabaya pada tahun 2017 hanya berkisar pada angka Rp8 triliun. Artinya anggaran belanja MU lebih besar dari semua daerah kota dan kabupaten di Indonesia selain Jakarta. 

2. Lebih Besar dari Anggaran Pilkada Gubernur Jawa Barat
Gelaran Pilkada Gubernur Jawa Barat yang akan dilakukan pada tahun 2018 mendatang dianggap sebagai pesta demokrasi tingkat daerah terbesar dan termahal di Indonesia. Menghadirkan banyak tokoh kandidat seperti Ridwan Kamil hingga Dedi Mulyadi. Namun jangan bayangkan bila anggaran yang digunakan KPU dan Pemprov Jabar hanya berkisar 10 persen atau Rp1.6 triliun dari harga David De Gea dan tim. Bahkan harga beli Paul Pogba lebih besar dan hanya lebih mahal Rp 400 juta dari pembelian Lukaku.

3. Lebih Besar dari APBD Provinsi Papua Barat
Ketika total harga pemain MU lebih besar dari APBD kota dan kabupaten di tanah air mungkin masih bisa dimengerti. Tapi apa jadinya ketika angka itu ternyata juga lebih besar dari APBD sebuah provinsi? Setidaknya MU memiliki skuad yang lebih mahal dari APBD Provinsi Papua Barat dalam satu tahun dengan Rp6.8 triliun.

4. Mampu Membeli Inter Milan
Pengusaha asal Indonesia Erick Thohir menjual 70 persen saham Inter Milan pada Suning Comerce Group dengan mahar senilai Rp4.1 triliun. Artinya bila 100 persen saham La Beneamata hanya bernilai kurang dari Rp8 triliun. Itu berarti sama dengan dua kali harga satu pemain MU yaitu Paul Pogba. Damn!

5. Mampu Membeli Perusahaan Nokia
Microsoft berhasil menjual perusahaan telekomunikasi multi nasional asal Finlandia yakni Nokia pada Foxconn dengan harga Rp4.6 triliun. Namun MU dapat membeli dua kali lebih mahal dari tawaran Foxconn. 

6. Mampu Membeli Perusahaan Converse
Nike akhirnya berhasil membeli salah satu brand sepatu legendaris dunia yaitu Converse dengan harga fantastis. Kini harga produk asal Amerika tersebut ditaksir mencapai Rp2.6 triliun. Sepatu sejuta umat tersebut nyatanya jauh lebih murah dari harga seorang Paul Pogba.

7. Lebih Besar dari Anggaran Pertahanan Militer Bosnia Hergezovina
Bosnia pernah dikenal sebagai negara konflik karena terlibat perang dingin saudara. Sehingga diperlukan setidaknya anggaran belanja militer dalam jumlah besar agar mampu mempersenjatai pasukan pertahanan negara. Namun nyatanya anggaran pertahanan militer Bosnia hanya 30 persen dari belanja pemain Setan Merah karena berkisar di Rp3 triliun. Bisa bayangkan bila MU ikut perang?
 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar