10 Minuman Segarrr di Bandung Ini Paling Asyik 'Diuyup' di Siang Terik

  Rabu, 24 Mei 2017   Asri Wuni Wulandari
Es Oyen, Bandung.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM – Bandung rasa Jakarta. Panasnya luar biasa, apalagi di siang hari. Belum lagi sinar matahari yang begitu terik, bikin kulit rasanya tertusuk-tusuk.

Selamat tinggal musim penghujan, selamat datang musim kemarau.

Merujuk pada laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika alias BMKG, tercatat suhu udara di Kota Bandung hari ini, Rabu, 24 Mei 2017, mencapai 30 derajat selsius. Cerah berawan, kata situs tersebut. Panas, ya?

Nah, kalau panas begini, lalu enaknya apa? Yang paling enak dilakukan di siang hari yang luar biasa terik ini tak lain tak bukan adalah menyeruput minuman-minuman segar yang melegakan dahaga.

Mau tahu dimana saja referensi minuman-minuman segar di Bandung? Berikut AyoBandung mencoba membuat daftar sepuluh minuman yang paling pas diuyup dalam cuaca panas ini.

 

Es Oyen

Siapa yang tidak tahu minuman yang satu ini? Malah bisa dibilang es campur yang paling terkenal di Bandung ya siapa lagi kalau bukan Es Oyen. Berdiri sejak 1954, Es Oyen awalnya hanya dijajakan dengan cara berkeliling. Tapi lama kelamaan peruntungan pun datang hingga akhirnya Es Oyen punya kedainya sendiri di Jalan Sukajadi, Bandung.

Nah, buat yang kehausan dan kepanasan, Es Oyen ini sudah paling pas. Di dalamnya ada alpukat, kelapa muda, pacar cina, kolang kaling, nangka, susu kental manis. Belum lagi ditambah es serut yang biasanya menumpuk dalam mangkuk. Swegerrrr…

Es Durian Pak Aip

Buat yang lagi ada di sekitar Dago, Bandung, main-mainlah ke Kedai Es Durian Pak Aip. Lokasinya persis dekat dengan belokan Jalan Tubagus Ismail di kawasan Simpang Dago.

Sop durian di kedai ini konon luar biasa rasanya. Lembutnya durian dipadukan dengan gurihnya santan, gula, dan es super dingin.

Es Cendol Elizabeth

Eaaa… Lagi-lagi, siapa yang enggak tahu es cendol legendaris yang satu ini? Minuman dingin dari cendol dengan irisan nangka dan santan kental, ditambah dengan serutas es batu yang dicampur dengan larutan gula merah. Es cendol, namanya. Es cendol ada dimana-mana. Tapi yang enak ya Es Cendol Elizabeth.

Saking nikmatnya, Es Cendol Elizabeth ini adalah sajian segar yang paling diburu di bulan puasa. Lihat deh nanti, kedainya di Jalan Inhoftank dan beberapa kedai lainnya di Bandung, pasti bakalan penuh pas bulan puasa.

Es Goyobod

Es goyobod ini merupakan salah satu minuman segar khas Sunda. Isinya berupa adonan sagu aren yang kenyal dengan kuah santan, susu kental manis, dan seperti yang lainnya, diberi serutan es. Karena tanpa es surut, beraktivitas di siang yang terik rasanya hampa.

Nah, ada beberapa tempat es goyobod yang terkenal di Bandung. Yang paling tua misalnya, Goyobod Kuno 1949, yang sudah berdiri sejak 1949. Lokasinya yang ada di sekitar Pasar Baru – tak jauh dari toko jamu Babah Kuya, Goyobod Kuno 1949 ini bisa jadi teman rehat di sela-sela kesibukanmu belanja baju lebaran, sis.

Selain di Goyobod Kuno 1949, ada juga beberapa es goyobod ternama di Bandung. Misalnya saja Es Goyobod Buah Batu yang ada di Jalan Kliningan, Es Goyobod Palasari di Jalan Palasari (depan Pasar Bunga Palasari), dan Es Goyobod Bancakan di Warung Nasi Bancakan, Jalan Trunojoyo, Bandung.

Es Mangga Kedai Lingling

Dimana ayo bisa menemukan es mangga yang segar dan nyereces ke dalam tenggorokan? Jawabannya, di Kedai Lingling, Jalan Sukajadi, Bandung. Kedai Lingling ini sebenarnya kedai yang menyediakan santapan kuliner Jepang. Tapi Kedai Lingling juga punya sajian minuman favorit, Es Mango, namanya.

Dibuat dari mangga asli yang di-blender, kemudian dicampur dengan topping aneka jelly. Dengan begitu, es mango Kedai Lingling tentu segar dengan sedikit rasa asam dan manis. Iwh, gemas.

Cranky Flying Beer di Melbourne Kitchen

Tampilan flying beer ini mengingatkan kita pada penyajian kopi di warung-warung tradisional di Jawa Tengah. Kopi disajikan dengan gelas terbalik, lantas diminum dari tatakan gelas dengan posisi gelas yang terbalik. Jadi di flying beer ini, botol bir disajikan terbalik. Nah, di Bandung, kita bisa menemukan minuman yang satu ini di Melbourne Kitchen, Cipaganti.

Ada beberapa rasa buah dari flying beer ini. Ditambah dengan potongan jeruk nipis, daun mint, dan tumpahan bir yang dingin, uhh pasti segar. Lagipula, yang namanya bir, selalu menyegarkan dahaga, bukan?

Es Mambo Lembang

Kalau ke Lembang, pasti tujuannya tak lain dari tempat-tempat wisata hits ya? Nah, buat referensi, di Lembang, khususnya di Jalan Cijeruk, ada satu toko bernama Es Mambo & Yogurt Lembang. Dekat dari Pasar Lembang, kemudian masuki jalan menuju kawasan Punclut. Di sanalah kesegaran berada… Es mambo yang dibungkus dalam plastik-plastik kecil berbagai rasa buah, mulai dari blackberry, kacang hijau, coklat, dan lain-lain ada disana. Bisa diuyup kecil-kecil sambil menikmati lanskap Kota bandung dari ketinggian.

Yogurt Cisangkuy

Orang Bandung mana yang tidak tahu tempat ini? Tempatnya selalu penuh setiap hari, bahkan kadang tak kenal waktu. Kenapa? Karena kedai ini menyediakan yogurt legendaris kepunyaan Kota Bandung.

Yogurt Cisangkuy disajikan dengan rasa yang tidak terlalu asap dan tidak terlalu kental. Jadi sudah paling pas untuk melegakan dahaga. Ada 25 pilihan rasa di sana yang bisa kamu pilih.

Makanya, langsung saja datang ke Yogurt Cisangkuy di Jalan Cisangkuy, sangat berdekatan dengan Taman Lansia ataupun Museum Geologi, Bandung. Asyik lho menikmati yogurt di balik pohon yang rimbun…

Es Cincau Kacang Merah di Rumah Kayu

Kalau ke Lembang, selain wajib mencoba Es Mambo di Jalan Cijeruk, kamu juga wajib untuk mampir ke Rumah Kayu Kafe Taiwan di BTN Pusdik Ajen, Lembang. Di sini ada es cincau hijau yang rasanya bikin deg-degan. Dicampur dengan kacang merah yang biasa digunakan untuk sayur asam, ditambah dengan susu kental manis, es cincau kacang merah di Rumah Kayu ini wajib dari dessert selepas makan yang menyegarkan.

Warung

Kepanasan di siang hari? Dehidrasi di siang hari gara-gara cuaca yang super panas? Gampang. Enggak perlu susah-susah. Singgah saja di warung-warung nasi, lalu pesanlah segelas es teh manis. Niscaya, dahagamu akan hilang. Karena sesungguhnya, es teh manis adalah minuman paling berharga di dunia…….

 

 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar