web analytics
Top banner bank bjb
Pasca Banjir, DBMP akan Normalisasi Sungai Citepus
pada 25 Oct, 2016 | 18:32 WIB
Pasca Banjir, DBMP akan Normalisasi Sungai Citepus
BERSIHKAN : Petugas DBMP saat meyedot air di kawasan Pasteur, kemarin (24/10/2016). (Danny/Ayobandung)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM - Dinas Binamarga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung akan melakukan normalisasi Sungai Citepus, pasca banjir yang melanda kawasan Pasteur dan Jalan Jamika,  Senin (25/10/2016).

"Normalisasi Sungai Citepus harus dilakukan, karena air yang tergenang di kawasan Pasteur dan Jalan Jamika terjadi, karena tersumbatnya Sungai Citepus," ujar Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan DBMP Kota Bandung Lisa Suryalestari, kepada wartawan, Selasa (25/10/2016).

Sayangnya, untuk normalisasi Sungai Citepus yang berada di kawasan Jalan Jamika, memerlukan alokasi dana yang tidak sedikit.

"Di Sungai Citepus yang ada di Jalan Jamika, menyempit di beberapa bagian. Karenanya harus dilakukan pembebasan lahan untuk perluasan sungai," tegasnya.

Sementara itu, untuk di kawasan Pasteur, harus ada peninggian jembatan, terutama yang di BTC dan dekat Hotel Topas.

Lisa menambahkan, untuk penanggulangan banjir juga akan dibuat tol air yang sistem kerjanya sebenarnya tidak jauh beda dengan pompa air. "Jadi tol air itu, mengalirkan air dari bawah ke atas," terangnya .

Karenanya, harus dilakukan kajian terlebih dahulu di ke dua titik tersebut. Karena untuk membuang air, kawasan buangannya harus dipersiapkan juga.

"Jadi jangan sampai airnya disedot, dan dibuang ke tempat lain, tapi banjirnya malah pindah," katanya.

Lisa mengakui, banjir kali ini lebih diakibatkan alih fungsi lahan di kawasan Bandung Utara yang mengakibatkan berkurangnya, kawasan resapan.

"Ya perubahan kawasan dan pembangunan hotel, dan bangunan lain, memang menjadi salah satu faktor penyumbang," tegasnya.

Lisa menambahkan, secara kasat mata sumbatan sampah dan utilitas, memang banyak didapati di lokasi. "Bahkan sampai sekarang (selasa 25/10), masih dilakukan pengangkutan sampah," terangnya. ‎(anjani)

Editor: Yatti Chahyati

Middle banner pos
Artikel Terkait