web analytics
Top banner bank bjb
Raskin Di Cibadak Kok Dikurangi
pada Mar 10, 2016 | 16:07 WIB
Raskin Di Cibadak Kok Dikurangi
ilustrasi (dok. AyoBandung.com)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM - Penerima raskin di Kelurahan Cibadak Kecamatan Astanaanyar mengeluh jika jatah raskin mereka tidak penuh.

Berdasarkan pantauan dari jatah yang seharus‎nya diterima warga sebanyak 15 kilogram per kk, dikurangi menjadi 2 kilogram per kk.

"Pemotongan ini di luar kewajaran," ujar Kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertapa) Kota Bandung Elly Wasliah Kepada wartawan, Kamis (10/3/2016).

Elly mengatakan, penerima raskin di RW 01 kecamatan Astanaanyar kelurahan Cibadak, sesuai data dari Badan Statistik Pusat (BPS) sebanyak 14 rumah tangga sasaran (RT) membengkak menjadi 34 RTS kelebihan 20 RTS.‎‎

Sayangnya, ke-20 RTS itu belum dipastikan benar-benar masuk kriteria RTS yang layak atau tidak menerima raskin.

‎"Kalau dikuranginya hanya satu atau dua kilo per RTS, masih bisa ditolerir‎. Tapi kalau satu orang hanya menerima 2 kilogram, itu keterlaluan," tegas Elly.

‎Elly menduga hal itu bukan karena di wilayah tersebut bertambah RTS namun mungkin karena pihak RW setelah didesak warga ingin ada pemerataan penerima raskin.

‎"Oleh karenanya khusus kelurahan Cibadak akan melakukan verifikasi serta pengumpulan Lurah, RW, Ketua Pokja Raskin," tambahnya.‎

Penerima raskin di Kelurahan Cibadak ada 278 RTS terdiri dari RW 9 dan 76 RT.

Menurut RW 01 Cahyadi banyak penerima raskin bukan data BPS memang tidak layak menerima raskin, namun karena pihaknya selalu ditekan oleh warga maka terpaksa raskin dibagikan.

"Memang ada warga yang sebena‎rnya tidak pantas menerima raskin, tapi mereka memaksa saya. Kalau gak dikasih, nanti marah-marah," katanya.

‎Sementara itu ketua RW 02 Kelurahan Cibadak Kecamatan Astanaanyar, Cepi Setiawan menyebutkan di wilayahnya penerima raskin 170 RTS adahal seharusnya 34 RTS, kata Cepi itu terjadi karena data penerima raskin tidak pernah di update.‎

"Makanya kami berharap ada update data penerima raskin. Sehingga penerima lebih merata," katanya. (anjani)  

Editor: Yatti Chahyati

Middle banner pos
Artikel Terkait