web analytics
Top banner bank bjb
Tiga Jalan Bandung Ini Bakal jadi Kawasan Pedestrian
pada Feb 03, 2016 | 20:07 WIB
Tiga Jalan Bandung Ini Bakal jadi Kawasan Pedestrian
ilustrasi (http://assets.kompasiana.com)

BANDUNG, AYOBANDUNG.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, tahun ini proyek penataan pedestrian bakal diperbanyak.

Rencananya ada tiga kawasan yang bakal jadi kawasan pedestrian. "Untuk proyek ini senilai Rp 200 miliar terdiri dari Rp 150 miliar dari APBD kota dan Rp 50 miliar dari APBD Provinsi," ujar lelaki yng akrab disapa Emil ini kepada wartawan, Rabu (3/2/2016).

Tiga titik pedestrian itu yakni Jalan Dago ( dari Merdeka sampai Simpang), Jalan Sudirman (dari Asia Afrika sampai Merdeka) dan  Jalan Cibadak yang bakal dipermanen untuk program kuliner night.

“Untuk kawasan Cibadak, di permanen sehingga setiap siang bisa dilewati dan bila malam ditutup kuliner, kecuali bagi penghuni boleh lewat.  Lalu di Jalan Dalamkaum nanti ditambah air mancur, bangku-bangku dan lainnya.Di Jalan Buah Batu juga disentuh dan Jalan Kopo dibikin keren termasuk gerbangnya, pedesterianya dan jembatan tol sampai Jalan Soekarnohatta," paparnya.

Sedang untuk Jalan Kiaracondong dilanjutkan, Jalan Riau di Taman pramuka sampai Ahmadyani perempatan lima sampai rel. Emil mengatakan, rencananya, ini dilakukan berbarengan dengan revitalisasi pasar Kosambi untuk pasar tema lifestyle.

"Dipatiukur pun akan dirapikan. Dan untuk daerah timur berbareng dengan fly over Cibiru satu paket," tegasnya.

Soal pengawasan pedestrian agar tidak digunakan PKL dan parkir akan diawasi oleh 300 petugas linmas. Petugas itu merupakan tambahan dari 1500 petugas kebersihan, 1500 petugas gorong-gorong, 1500 petugas ketertiban, dan ditambah 1500 urus taman. (anjani)

Editor: Yatti Chahyati

Middle banner pos
Artikel Terkait